Kegunaan dan Fungsi Bahu Jalan

Sebenarnya Bahu jalan hanya boleh dipergunakan pada keadaan darurat. Masih sering sekali terjadi bahwa fungsi & kegunaan bahu jalan ini digunakan untuk tempat beristirahat. Ini sangatlah fatal dikarenakan tidak sesuai dengan fungsinya. Pihak pengelola jalan tol sebenarnya juga sudah memberikan tempat-tempat khusus untuk melakukan istirahat sejenak ketika berkendara di tempat peristirahatan khusus yang idealnya disediakan setiap 25-50km, sehingga dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Di tempat peristirahatan khusus tersebut supir juga bisa melakukan santap makan dikarenakan sudah tersedia restoran atau rumah makan sehingga sangat cocok utk melepas kelelahan berkendara. Adapun fasilitas lain adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dapat dipergunakan untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda apabila memang sudah menipis.

Terlebih lagi kita melihat dilapangan bahwa untuk bis dalam kota ataupun bis antar kota antar provinsi (AKAP) menjadikan bahu jalan sebagai tempat menurunkan dan menaikkan penumpang. Tentu saja tindakan para oknum supir ini sangat membahayakan diri penumpang dan pengendara lain, sehingga diharapkan agar para supir mengetahui akan bahaya tersebut.

Sekian postingan kami kali ini mengenai Kegunaan dan Fungsi Bahu Jalan. Apabila ada pertanyaan silahkan cantumkan pada kolom komentar, semoga bermanfaat.